Jumat, 21 Mei 2010

SIFAT DAN ARTI ILMU POLITIK

Perkembangan Ilmu Politik

Ilmu Politik sebagai salah satu dari ilmu – ilmu social yang memiliki dasar, rangka, focus dan ruang lingkup yang sudah jelas, maka dapat dikatakan bahwa ilmu politik masih mudah usianya, karena baru lahir pada akhir abad ke 19.

Akan tetapi,apabila ditinjau dalam rangka yang lebih luas, yaitu sebagai pembahasan secara rasionil dari beberapa aspek Negara dan kehidupan politik, maka ilmu politik dapat dikatakan jauh lebih tua umurnya malahan ia sering dinamakan “ilmu social tertua”.

Ilmu Politik Sebagai Ilmu Pengetahuan

Keseluruhan dari pengatahuan yang terkoordinasi mengenai pokok pemikiran tertentu (the sum of coordinated knowledge relative to determined subject

Definisi serupa pernah dikemukakan oleh seorang ilmuwan dari belanda yaitu adalah “ilmu adalah pengetahuan yang tersusun sedangkan pengetahuan adalah pengamatan yang disusun secara sistematis.

Definisi – Definisi Ilmu Politik

Umumnya dapat dikatakan bahwa politik adalah bermacam – macam kegiatan dalam suatu system politik (atau Negara) yang menyangkut proses menentukkan tujuan – tujuan dari system itu melaksanakan tujuan –tujuan itu.

Unsure yang diperlukan sebagai konsep pokok, yang dipakai untuk meneropong unsure – unsure lainnya adalah :

1.Negara

2.Kekuasaan (power)

3.Pengambilan keputusan (Decision making)

4.Kebijaksanaan umum (public policy, beleid

5.Pembagian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar